You are currently viewing Gemar Sedekah Jadikanmu Sehat dan Awet Muda

Gemar Sedekah Jadikanmu Sehat dan Awet Muda

Sehat dan awet muda tentunya menjadi hal yang sangat didambakan oleh banyak orang, tidak terlepas dari usia baik masih muda ataupun sudah tua. Sebab, tidak jarang orang yang walaupun usianya tergolong muda namun wajah dan perawakannya tampak tua, dan sebaliknya sering kita jumpai juga orang dengan perawakan yang terlihat muda dan usianya masih tergolong tua.

Fakta tersebut membuat banyak orang berjuang serius mempertahankan perawakan muda. Ada yang dengan melakukan olahraga maupun dengan cara melakukan perawatan. Terlebih ketika berbicara di dunia entertainment, mereka berlomba-lomba ikut perawatan seperti suntik vitamin, kolagen atau operasi yang sudah menjadi barang pasti membutuhkan banyak rupiah yang harus dikeluarkan. Hal itu dilakukan demi menjaga komentar para penonton atau penggemarnya agar tetap sesuai selera diri.

Akan tetapi, benarkah itu cara terbaik? Alih-alih berhasil, yang terjadi adalah kerusakan pori-pori dan gangguan kesehatan lainnya.

Padahal jika disadari, bahwa dengan cara-cara tersebut dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, maka mereka akan berhenti melakukannya. Mereka juga tidak perlu lagi menyempatkan waktu mereka berapa kali dalam sebulan untuk kontrol dan berapa kali pula harus mengeluarkan biaya.

Alangkah sangat bijak, manakala biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk perawatan yang tergolong mahal tersebut dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, terlebih pada kondisi saat ini yang sering terjadi bencana alam diberbagai daerah serta pandemi yang tak kunjung usai. Masih banyak orang yang membutuhkan santunan dan saluran kebutuhan pokok seperti makanan dan obat-obatan.

Selain memiliki manfaat dan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan, Berbagi dan bersedekah juga merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk kita yang nampak awet muda dan tetap dalam keadaan sehat. Berikut adalah beberapa manfaat sedekah yang dapat menjadikanmu awet muda dan tetap sehat.

Sedekah dapat mengurangi Stres

Sahabat, bermegah-megahan dan menumpuk-numpuk harta serta menghitung-hitung kekayaan sangat tidak dianjurkan dalam islam. Sebaliknya islam menganjurkan kepada kita untuk berderma dari rezeki yang diperolehnya. Perilaku kikir dan tidak mau membantu saudara-saudaranya yang membutuhkan dapat meningkatkan stres dan hati tidak tenang.

Kita semua tentunya mengetahui bahwa stres jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang dapat mengganggu sistem imun, menyebabkan kerentanan terhadap infeksi dan kerusakan pada sel tubuh. Yuk sedekahkan hartamu agar semakin berkah dan hati menjadi damai dan tentram.

Sedekah mampu stabilkan tekanan darah

Sebuah studi pada tahun 2006 menyimpulkan bahwa salah satu pengaruh orang yang suka menolong dan sering memberikan motivasi atau dukungan sosial kepada orang yang mereka kenal, akan membantu orang tersebut untuk memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Selain efek kesehatan tersebut, mereka yang suka menolong akan mendapatkan balasan positif yang sama dari lingkungan sosialnya. Saat darah mengalami kestabilan disinilah wajah akan mengalami ketenangan, tidak tegang dan tidak mudah tersulut emosi.

Sedekah menjadikan kita awet muda

Suka menolong orang lain dapat membantu meringankan beban orang lain, meskipun hanya tugas-tugas kecil dan ringan ternyata dapat membantu memperpanjang usia seseorang. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Kesehatan Umum AS pada 2013 disebutkan bahwa mereka yang aktif membantu dan menolong orang lain atau meringankan tugas orang lain bisa terlindung dari dampak penyakit stress.

Stress sendiri merupakan faktor yang dapat menyebabkan resiko beberapa penyakit kronis seperti jantung dan depresi. Untuk itu disarankan agar tidak segan menjadi orang yang dermawan, suka membantu dan meringankan orang lain.

Sahabat, jadi untuk tetap sehat dan awet muda sangatlah mudah. Cukup mengajamkan diri kita untuk istiqamah bersedekah kepada sesama. Semoga kita semua digolongkan kedalam golongan orang-orang yang rajin bersedekah. Aamiin

Tinggalkan Balasan