Empat Amalan Ini Lengkapi Hari Jum’atmu

Empat Amalan Ini Lengkapi Hari Jum’atmu

Hari Jum’at merupakan puncaknya hari atau dalam islam di sebut dengan istilah sayyidul ayyam, pada hari ini bagi kaum adam diwajibkan untuk mengikuti shalat jum’at, kecuali bagi yang sedang ada udzur syar’i maupun yang sedang dalam perjalanan. Nah, selain shalat jum’at, ada berbagai amalan yang bisa kamu lakukan dan perbanyak di hari Jum’at.

Rasulullah menyebutkan keistimewaan hari Jum’at didalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah sebagai berikut. “Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Hari jum’at merupakan hari yang istimewa, hari yang bersejarah serta hari yang memiliki berbagai keutamaan. Berikut adalah amalan-amalan yang bisa sahabat kerjakan pada hari Jum’at.

1. Membersihkan Diri

Disunnahkan bagi seseorang yang hendak melaksanakan halat Jum’at di mesjid untuk membersihkan diri, dari mulai mandi, memotong kuku, mencukur rambut, serta berpenampilan rapih dan kemudian pergi ke mesjid dengan mengoleskan parfum ke pakaiannya. Salman Al-Farisi Ra. berkata, Rasulullah saw. telah bersabda :

“Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

Adapun bagi sahabat yang sibuk bekerja atau pergi Jum’atan dari tempat bekerja sebaiknya menyiasatinya dengan cara mandi dengan niat untuk melaksanakan salah satu sunnah di hari Jum’at sebelum berangkat ke tempat kerja.

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Surat Al-kahfi merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang terdiri dari 110 Ayat, didalamnya termuat empat kisah yang bisa kita renungkan dan ambil hikmah serta pelajarannya. Dengan merenungi isinya kita bisa mendapatkan lima pelajaran penting dalam kehidupan, dimana dengan kelima hal itu merupakan sarat bagi siapa saja yang mengimpikan menjadi manusia pengukir sejarah.

Membaca Surat Al-kahfi sangat dianjurkan pada hari Jum’at

Membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan, sahabat bisa membaca dari mulai malam jum’at sampai sore hari sebelum hari jum’at berakhir. Adapun salah satu keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi dihari Jum’at yakni diampuni dosanya diantara dua hari Jum’at. Yuk sempatkan baca Surat Al-kahfi, sahabat bisa mencicilnya dari mulai malam sampai sore menjelang hari Jum’at berakhir.

3. Perbanyak shalawat dan dzikir

Hari jum’at merupakan hari panen pahala bagi seorang muslim, dimana pada hari ini pahala dilipatgandakan, adapun pada hari Jum’at juga umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan shalawat. Sehingga dengan dzikir dan shalawat pada hari Jum’at bisa menjadi jembatan bagi sahabat untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Selain berdzikir dan bershalawat, sahabat juga dapat memperbanyak do’a-do’a terbaiknya pada hari Jum’at ini.

4. Perbanyak sedekah

Dihari yang istimewa ini, sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada hari Jum’at, sebab pada hari ini pahala bersedekah dilipat gandakan. Akhir-akhir ini sedekah pada hari Jum’at menjadi salah satu hal yang ngetren sehingga munculah gerakan sedekah jum’at dimana pada gerakan ini mengajak semua orang untuk bersedekah baik itu berupa uang,makanan atau apapun yang bernilai manfaat. Nah sahabat bisa melibatkan diri dalam gerakan tersebut, sehingga menjadi nilai kebaikan lebih bagi sahabat.

Setelah membaca keempat amalan pada hari Jum’at diatas, sahabat bisa menunaikannya setiap hari Jum’at, jangan sampai kita kehilangan moment dan membiarkan hari Jum’at berlalu begitu saja tanpa ada sedikitpun pahala yang kita dapatkan. Yuk kita amalkan.

Leave a Reply