Dampak Efek Rumah Kaca

Dampak Efek Rumah Kaca yang Perlu Kamu Ketahui

Rpkpeduli.id – Efek rumah kaca terjadi ketika gas tertentu yang dikenal gas rumah kaca menumpuk di atmosfer bumi. gas rumah kaca tersebut antara lain karbon dioksida (CO2), metana (CH4), nitrus oxide (n20), ozon (03), dan gas fluorinated.

Gas rumah kaca yang menumpuk di atmosfer mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu rata-rata di permukaan Bumi karena lapisan atmosfer bumi yang kian menipis dan bahkan bocor. Hal ini kemudian menjadikan cuaca Bumi semakin panas karena sinar matahari tak lagi terhalang oleh lapisan atmosfer.

Dampak Efek Rumah Kaca

Dampak Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca memiliki dampak yang besar bagi Bumi dan seluruh isinya, termasuk dampak lingkungan dan kesehatan. Efek rumah kaca menjadi penyebab utama terjadinya perubahan iklim serta memicu timbulnya berbagai penyakit pernapasan yang diakibatkan oleh kabut asap dan polusi udara.

Berikut adalah beberapa dampak efek rumah kaca bagi bumi dan seluruh isinya yang perlu kita ketahui.

1. Pemanasan Global (Global Warming)

Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Hal ini terjadi karena peningkatan panas secara kumulatif yang kemudian mengakibatkan suhu Bumi terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Meningkatnya suhu di permukaan bumi dapat berpotensi terjadinya perubahan iklim yang extrem di bumi. Hal ini kemudian menimbulkan berbagai gangguan yang ada di hutan dan ekosistem lain sehingga mengurangi kemampuannya sebagai penyerap utama karbondioksida yang ada di bumi.

Pemanasan global sendiri terjadi sebagai dampak dari berbagai aktivitas yang menggunakan bahan bakar fosil, pengalihan fungsi lahan, dan perilaku konsumtif yang memicu terjadinya penumpukan sampah, yang mana penumpukan sampah tersebut memicu adanya gas metana dan CO2.

Dalam data yang dihimpun dari IPCC, peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca akibat aktivitas manusia.

2. Perubahan Iklim yang Drastis

Perubahan iklim yang drastis merupakan dampak efek rumah kaca yang berkaitan dengan terjadinya pemanasan global (global warming). Perubahan iklim kemudian akan mengakibatkan beberapa tempat yang biasanya cenderung hangat menjadi lembab karena jumlah air yang menguap di lautan semakin meningkat. Kelembaban yang sangat tinggi dapat meningkatkan curah hujan, badai yang kering, dan air dalam tanah akan lebih cepat menguap.

Perubahan iklim telah mendorong terjadinya peningkatan curah hujan pada sebagian daerah. Namun, di beberapa daerah lainnya mengalami kekeringan parah yang meningkatkan risiko kebakaran hutan, kehilangan hasil panen dan kekurangan air minum.

3.  Meningkatnya Permukaan Laut

Dampak selanjutnya dari efek rumah kaca adalah meningkatnya permukaan laut yang kemudian menenggelamkan daerah-daerah rendah. Meningkatnya permukaan air laut terjadi karena es mencair di seluruh duni terutama di kutub bumi termasuk gletser gunung.isan es yang menutupi Antartika Barat dan Greenland, dan es laut Arktik.

Permukaan laut global naik 0,13 inci (3,2 milimeter) per tahun. Kenaikan terjadi pada tingkat yang lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan meningkat dalam beberapa dekade mendatang.

4. Gangguan Ekologis

Dampak berikutnya ialah gangguan ekologis yang mengakibatkan hewan dan tumbuhan melakukan penyesuaian diri dengan perubahan iklim yang terjadi. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya dengan tumbuh pada daerah hangat.

Kemudian, hewan akan bermigrasi ke tempat-tempat yang sesuai dengan habitat hidupnya. Seperti yang terjadi pada kupu-kupu, rubah dan tanaman alpine yang telah bermigrasi jauh ke utara dan ke daerah yang lebih tinggi dan lebih dingin sebagai dampak dari meningkatnya suhu bumi.

5. Menggangu Kestabilan Sebuah Negara

Berbagai dampak yang terjadi karena efek rumah kaca berpotensi menggangu kestabilan sebuah negara, yang mana perubahan iklim secara drastis memicu terjadinya kekeringan dan gagal panen yang kemudian mengakibatkan maraknya kasus kelaparan dan malnutrisi.
Baca Juga: Pengertian Efek Rumah Kaca Beserta Faktor Penyebabnya

Demikianlah beberapa dampak yang terjadi karena adanya efek rumah kaca. Pada dasarnya kerusakan yang terjadi pada lingkungan tidak sepenuhnya karena pengaruh alam. Melainkan juga beberapa aktivitas manusia turut berkontribusi terjadinya hal demikian.

Karena bumi ini adalah tempat tinggal kita, marilah kita menjaga kelestarian bumi kita ini dengan berbagai usaha yang dapat kita lakukan salah satunya adalah bijak dalam menggunakan dan mengonsumsi berbagai hal.

Sumber:

Pengertian dan Penyebab Efek Rumah Kaca. Diakses dari https://dinlh.slemankab.go.id/.

Efek Rumah Kaca. Diakses dari https://lindungihutan.com/.

Pengertian Efek Rumah Kaca Beserta Dampak dan Penyebabnya. Diakses dari https://www.merdeka.com/sumut/.

Efek Rumah Kaca. Diakses dari https://www.gramedia.com/.

Efek Rumah Kaca. Diakses dari https://rimbakita.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *