Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan yang Dapat Dimulai Dari Diri Sendiri

Rpkpeduli.id – Pencemaran lingkungan bukanlah perkara baru yang saat ini kita temui. Sedari dulu, pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi manusia.

Bicara tentang dampak, pencemaran lingkungan memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi manusia dan bumi serta isinya. Jika pencemaran lingkungan yang terjadi tidak dapat diatasi dengan baik, segala aspek yang mendukung kehidupan kita akan berkurang kualitasnya.

Terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar diakibatkan oleh sisa-sisa konsumsi atau limbah yang kemudian mencemari berbagai aspek yang ada dalam lingkungan seperti air, udara, tanah dan lain sebagainya.

Pencegahan menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan untuk merawat bumi ini dengan baik. Pada prosesnya, proses pencegahan dan pengatasan pencemaran lingkungan tak hanya dapat dilakukan oleh stake holder saja melainkan dapat dimulai dari diri kita sendiri.

Cara Menangani Pencemaran Lingkungan

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan
(Foto: Pixabay)

Proses penanganan dan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, berikut adalah beberapa cara yang dapat dimulai dari diri sendiri untuk mengatasi pencemaran lingkungan antara lain:

1. Beralih Ke Moda Transportasi Umum

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan ialah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi saat beraktivitas. Sebagai langkahnya, kita dapat beralih ke moda transportasi umum yang lebih hemat dan ramah bagi lingkungan.

Saat ini, sudah banyak sekali moda transportasi umum yang dapat dipilih untuk menggantikan kendaraan pribadi saat bepergian. Langkah yang kita ambil untuk beralih moda transportasi ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi emisi kendaraan bermotor.

2. Menanam Pohon di Pekarangan Rumah

Menanam pohon atau tanaman hijau di pekarangan menjadi salah satu cara bagi kita untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Pohon dalam hal ini memiliki peran untuk menyerap kadar karbon dioksida yang berlebihan di udara.

3. Hemat Energi

Upaya berikutnya untuk mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan adalah menerapkan kebiasaan hemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menerapkannya kita dapat memulai dengan menghemat penggunaan listrik dengan cara menggunakannya sesuai kebutuhan. Menghemat energi sendiri menjadi salah satu cara untuk menjaga lingkungan dari berbagai potensi pencemaran yang terjadi akibat adanya kegiatan pembangkit listrik.

4. Mengurangi Perilaku Konsumtif

Disadari atau tidak, perilaku konsumtif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencemaran lingkungan. Hal itu berawal dari penumpukan sampah yang berasal dari limbah-limbah konsumi rumah tangga.

Untuk menerapkannya, kita dapat membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki manfaat yang berkepanjangan. Memiliki sedikit barang dengan kualitas tinggi lebih baik daripada memiliki banyak barang dengan kualitas yang rendah. Pasalnya, nilai kegunaan barang yang memiliki kualitas rendah hanya sebentar dan berpotensi untuk menjadi tumpukan limbah.

5. Bijak Dalam Mengelola Sampah

Sampah menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran lingkungan yang meliputi udara, air, dan tanah. Untuk menguranginya kita dapat menerapkan prilaku yang bijak dalam mengelola sampah salah satunya dengan mengaplikasikan metode reduce, reuse, dan recycle.

Metode yang dikenal dengan 3R tersebut dapat kita terapkan untuk mengurangi pencemaran tanah maupun air. Untuk mengaplikasikannya kita dapat mulai dengan cara memilah sampah sesuai dengan jenisnya, kemudian kita juga dapat memanfaatkan kembali barang yang dapat digunakan atau mengolahnya menjadi barang lain yang berguna.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dan mencegah pencemaran lingkungan. Mengingat bumi adalah satu-satunya tempat tinggal kita, maka menjaganya agar tetap dalam kondisi yang baik adalah hal yang wajib kita lakukan. Mari jaga bumi mulai dari diri sendiri dan cakupan yang lebih dekat.

RPK Peduli merupakan salah satu wadah yang bergerak dalam kegiatan sosial, salah satu program utamanya adalah Program Peduli Lingkungan. Tertarik untuk bergabung bersama tim RPK? Mari bergabung dengan mengakses tautan ini.

Sumber

Pencemaran Lingkungan: Penyebab, Jenis, Dampak dan Cara Menanganinya. Diakses dari:https://lindungihutan.com/.

Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan: Penyebab dan Dampaknya. Diakses dari: https://www.cleanipedia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *