Berguna Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia Manfaat Berdonasi

Berguna Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia Manfaat Berdonasi

Pernahkah anda merasakan hal yang berbeda ketika membantu orang lain baik itu berdonasi, menjadi relawan ataupun yang lainnya?

Nah, perlu diketahui bahwa ketika anda berbuat baik kepada orang lain, seperti dengan meberikan donasi kepada yang membutuhkan atau ke kepada lembaga sosial, terjun kedalam dunia kerelawanan (volunteer), mendampingi orang sakit dan lain sebagainya. semua tindakan tersebut dikategorikan kedalam tindakan altruism. Dan ternyata tindakan ini memiliki manfaat bagi kesehatan mental kita lho.

Lalu, apa itu altruisme?

Secara singkat altruisme adalah suatu keadaan dimana kita lebih menempatkan kebutuhan orang lain diatas kebutuhan kita sendiri, salah satu contoh dari tindakan Altruisme misalnya memberikan sumbangan atau donasi kepada orang-orang yang terkena musibah bencana alam.

Berdasarkan hasil dari beberapa study, membantu ornag lain  dapat memberikan efek yang positif pada kesejahteraan mental dan tentunya kesejahteraan kita sendiri. Misalnya, dengan membantu orang lain dapat mengurangi stress serta meningkatkan suasana hati, meningkatkan kepercayaan diri dan menambah kebahagiaan. Lebih jelasnya, berikut adalah manfaat berdonasi bagi kesehatan mental kita.

Merasakan kebahagiaan secara langsung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of the Soutuh pada tahun 2016 menunjukan bahwa melakukan tindakan kebaikan tanpa direncanakan untuk orang lain atau dunia dapat meningkatkan suasana hati pelakunya. Penelitian ini menemukan bahwa membantu orang lain dapat meningkatkan suasana hati lebih daripada melakukan sesuatu untuk membantu diri sendiri.

Dengan demikian ada bukti secara ilmiah dibalik mengapa ada gelombang kebahagiaan dalam diri seseorang ketika ia melakukan sesuatu yang baik atau bermurah hati untuk orang lain.

 Meningkatkan kepuasan hidup secara keseluruhan

Dalam sebuah laporan dari lembaga filantropi wanita pada tahun 2017 tercatat bahwa orang secara kesleuruhan lebih bahagia ketika mereka memberi kepada orang lain dan bahwa semakin banyak mereka memberi, maka mereka semakin cenderung merasa bahagia. Dan hal tersebut sering disebut dengan “kesenangan dari memberi”.

Laporan diatas juga menemukan bahwa pria mengalami lebih banyak kebahagiaanketika mereka mulai memberi dan wanita merasa lebih bahagia ketika mereka meningkatkan kedermawanan pada dalam diri mereka dari waktu ke waktu.

Menurunkan tingkat stress

Seperti kita ketahui bersama, tingkat stress yang tinggi dapat berdampak buruk pada kesehatan anda, akan tetapi ada satu cara untuk menguranginya secara efektif yatitu dengan cara membantu orang lain.

Menurut Stephen G. Post, profesor kedokteran di Stony Brook University, bertindak murah hati dan memberi dapat membantu menurunkan tingkat stres Anda.

Menjadikan diri lebih bersyukur

Membantu orang lain yang lebih membutuhkan, terutama mereka yang kurang beruntung dari diri kita, dapat menjadi salah satu penyadar bagi kita untuk selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Kita dapat menyadari betapa beruntungnya kita, sehingga akan menjadikan diri berhenti mengejar apa yang lebih besar dan memungkinkan kita mengorbankan kebahagiaan demi mencapainya.

Menghilangkan perasaan negatif

Segala sesuatu yang negatif pasti memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan mental ataupun kesehatan tubuh. Termasuk dalam hal ini emosi negatif seperti kemarahan yang bisa berujung permusuhan memiliki dampak negatif bagi pikiran dan tubuh kita.

Adapun melibatkan diri dalam tindakan berbuat baik kepada orang lain dapat membantu kita dari perasaan negatif dan menstabilkan kesehatan mental dan tubuh secara keseluruhan.

Membuat hidup menjadi lebih berarti

Pernahkan anda merasa bahwa hidup anda tidak memiliki arti? Atau segala hal yang anda miliki tak memiliki arti sama sekali?

Ketika kita menyumbangkan sebagian dari harta kita untuk orang lain pada dasarnya telah membukakan kesempatan bagi kita untuk bertemu dengan orang-orang yang dapat memnginspirasi anda untuk menjadi seorang yang bermakna dan berguna  untuk orang lain. adapun ketika terlibat atau melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan baik seperti membantu orang lain, sesungguhnya kita telah memberikan makna dalam kehidupan kita.

.

Leave a Reply