Bebaskan Diri Dari Rasa Cemas dan Sedih, Ini 5 Caranya

Bebaskan Diri Dari Rasa Cemas dan Sedih, Ini 5 Caranya

Sahabat, pernahkah kamu dihinggapi rasa cemas, depresi dan negatif thinking dalam hari-harimu?

Ketahuilah, bahwasannya rasa cemas, khawatir, depresi dan pikiran yang negatif diakibatkan oleh keseringan kita untuk membandingkan situasi diri sendiri dengan orang lain. Lalu kita seolah-olah bertanya kenapa orang lain lebih sempurna dibandingkan dengan diri kita?

Hal tersebut merupakan sesuatu hal yang salah dan tentunya yang menjadi faktor kita merasa cemas, depresi atau sedih. Selanjutnya alasan lain kenapa kita merasa sedih adalah kita sering lupa bahwa tujuan hidup kita bukanlah meraih kesempurnaan diri karena dunia ini bukanlah surga yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan.

Rasa cemas, depresi, takut dan lainnya merupakan sesuatu yang normal dan juga merupakan bagian dari hidup kita. Rasa tersebut ada dalam diri setiap orang, bahkan seorang nabipun memiliki keduanya dan pernah mengalaminya. Misalnya ketika nabi Muhammad Saw. merasakan kesedihan ketika kehilangan istri tercintanya yakni Siti Khadijah.

Rasa cemas, Depresi dan pikiran negatif merupakan tiga elemen yang berbeda. Berikut adalah lima tips untuk menyemangati diri yang sedang berada dalam kecemasan, kesedihan dan pikiran yang tidak menyenangkan (pikiran negatif).Tentunya semua orang bisa melakukan hal ini.

  1. Tarik Nafas dan Keluarkan Pelan-Pelan

Sahabat, tahukah bahwa kita bisa mengubah perasaan melalui pernapasan. Kita bisa melakukannya dengan cara meletakan salah satu tangan kita dibagian perut dan satunya lagi di bagian dada. Tarik nafas dalam-dalam, tahan dan hembuskan pelan-pelan, lakukan hal tersebut sebanyak lima kali.

Cara tersebut insyaallah bisa menurunkan tingkat kesedihan dan kecemasan yang mungkin sedang sahabat rasakan sehingga hari-hari yang dilalui sahabat menjadi lebih tenang, adem dan tentunya penuh kebahagiaan.

  1. Serahkan semua urusan kepada Allah

Ketahuilah bahwa Allah menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasangan, ada sedih ada bahagia dan juga ada cemas dan nyaman atau tentram. Ketika sahabat sedang merasa cemas atau sedih serahkanlah semua urusan kita kepada Allah, lakukanlah amalan-amalan shaleh seperti melakukan shalat, membaca Al-Qur’an dan berzikir. Ketahuilah bahwa shalat dapat menurunkan perasaan sedih dan cemas yang kita alami.

Hal itu telah dicontohkan oleh Nabi, ketika beliau sedang merasa sedih karena kehilangan orang-orang yang sangat dicintanya, maka Nabi pun menyeragkan dirinya kepada Allah, selanjutnya ia juga mendoakan agar dilindungi dan disembuhkan dari kecemasan dan kesedihan.

Sahabat, disebutkan juga bahwa Al-Qur’an sebagai obat penyembuh berbagai penyakit termasuk penyakit hati seperti rasa sedih dan cemas. Untuk itu perbanyaklah waktu untuk membaca Al-Quran agar terhindari dari kesedihan dan rasa cemas.

  1. Bersyukur Kepada Allah

Setiap orang diberikan kekurangan dan kelebihan yang berbeda, untuk itu bersyukurlah atas apa yang kita miliki dan jauhkanlah diri dari membanding-bandingkan dengan orang lain. Sebab, hal tersebut bisa menjauhkan diri kita dari rasa syukur.

Sahabat, mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah sangatlah penting. Mengaplikasikan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari dapat menjaga kesehatan mental dan menghindari gangguan emosional.

  1. Tetap Tersenyum

Tersenyumlah meskipun kita sedang berada dalam kesedihan dan kecemasan, hal itu dikarenakan tersenyum dapat mengubah mood kita menajdi lebih baik. Rasulullahpun menyarankan kepada kita untuk tersenyum, bahkan senyum kepada saudara kita atau orang lain termasuk termasuk dalam ibadah.

  1. Menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai

Orang yang dicintai atau dalam hal ini keluarga merupakan orang pertama yang akan mendampingi kita baik dalam keadaan sedih maupun bahagia. Dukungannyapun sangat bermanfaat, untuk itu agar terhindar dari rasa cemas dan sedih perbanyaklah waktu untuk berkumpul bersama orang-orang yang dicintai.

Leave a Reply