✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
5 Cara Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Insomnia

5 Cara Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Insomnia

Susah tidur atau insomnia adalah suatu gejala yang dicirikan dengan adanya gangguan dalam jumlah, kualitas, serta waktu tidur seseorang. Gejala ini dapat mengganggu pertumbuhan fisik,emosional, kesehatan, dan sosial orang dewasa. Insomnia sering terjadi dikarenakan kebiasaan begadang serta banyaknya pikiran dan kerja seseorang.

NSF ( National Sleep Foundation) mengatakan bahwa gejala gangguan tidur dapat memberikan beberapa efek pada manusia. menurutnya, seseorang akan berpikir atau bekerja lebih lambat,membuat banyak kesalahan, dan sulit untuk mengingat waktu. Dengan demikian hal ini dapat mengakibatkan penurunan produktivitas kerja seseorang bahkan parahnya bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Efek lain dari insomnia adalah terganggunya hubungan keluarga serta mengurangi aktivitas sosial seseorang. Selain itu seseorang yang terkena gejala insomnia sering mudah marah, tidak sabar, gelisah serta depresi. Masalah ini jelas sangat berdampak pada hubungan sosial seseorang sehingga dapat menimbulkan citra buruk pada seseorang yang terkena gejala ini.

Insomnia adalah gejala susah tidur yang mengakibatkan seseorang kehilangan waktu tidur yang dibutuhkannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Qimy pada tahun 2009 kebutuhan tidur orang dewasa adalah 6-9 jam. Dimana fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan serta merelaksasi anggota badan.

Tidur adalah sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi bagi setiap orang. Dan insomnia adalah gangguan yang menyebabkan seseorang sulit memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri. Dalam hal ini perlu berbagai cara agar tidur kita memenuhi kebutuhan baik dari segi jumlah, kualitas maupun waktu. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan dalam upaya menghindari gejala insomnia.

Mandi hangat sebelum tidur

Mandi hangat bisa dilakukan dalam upaya menghindarkan diri dari gejala insomnia. Berdasarkan fakta yang ada mandi dengan air hangat bisa menjadikan tubuh lebih rileks. Selain itu tubuh yang disirami air hangat atau panas kemudian terkena suhu yang dingin akan membuat kita merasa ngantuk.

Mandi hangat sebelum tidur dapat dilakukan satu jam sebelum kita tidur. Agar nantinya pas kita tidur tubuh kita sudah rileks dan tidak dalam keadaan basah lagi sehingga kita mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dan ketika bangun tidur, tubuh kita benar-benar segar dan kualitas kesehatan kita kan membaik.

Jauhi konsumsi kafein/kopi sebelum tidur

Bagi kaum muda atau dewasa kopi merupakan salah satu minuman yang wajib ketika tubuh mulai merasa ngantuk dan lelah. Dibalik rasanya yang enak dan menyegarkan tubuh, kopi ternyata bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya gejala insomnia. Biasanya seseorang mengonsumsi kopi ketika sedang megerjakan tugas atau kerja agar terhindar dari rasa ngantuk.

Bagi anda yang menginginkan tehindar dari kesusahan untuk tidur, maka jauhilah mengonsumsi kopi sebelum tidur, karena kafein yang terdapat dalam kopi bisa menghilangkan rasa ngantuk yang mengakibatkan seseorang kesusahan dalam tidur.

Jauhi makan berat sebelum tidur

Bagi kita  yang menginginkan waktu tidur yang berkualitas, maka jauhilah mengonsumis makanan berat sebelum tidur. Adapun bagi kita yang menginginkan makan sebelum tidur, makanlah sekurang-kurangnya empat jam sebelum tiba waktu tidur anda. Jika waktu tidur kita  mulai dari jam sepuluh malam maka makanlah kurang lebih jam enam sore.

Dalam meningkatkan kualitas tidur, dianjurkan untuk memakan buah pisang, alpukat, sayur bayam, serta kuning telur sebelum kita tidur. Karena kandungan yang terkandung didalam makanan tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur kita menjadi baik dan menyegarkan tubuh saat bangun tidur.

Matikan semua alat komunikasi sebelum tidur

Salah satu penyebab sulitnya tidur adalah terlalu asik memainkan alat komunikasi atau gadget.  Kebanyakan orang susah tidur karena asyik memainkan sosial media, membaca cerita bahkan nonton konten-konten video di youtube sampai larut malam sehingga waktu tidur  yang dimilikinya tidaklah cukup lagi.

Dalam hal ini penggunaan alat komunikasi menjadi salah satu penyebab dari terjadinya insomnia. Untuk itu bagi siapa saja yang ingin mencapai kuantitas serta kualitas tidur yang baik, matikanlah alat komunikasi satu jam sebelum waktu tidur kita. agar alat komunikasi kita tidak menjadi penganggu bagi tidur kita.

Matikan lampu sebelum tidur

Perlu diketahui tidur dengan lampu yang redup atau tanpa menyalakan lampu dapat meningkatkan kualitas tidur kita menjadi lebih baik. Nah, untuk mencapai tidur yang berkualitas, waktu yang terbaik untuk mematikan lampu adalah satu jam sebelum waktu tidur kita tiba. Mari kita biasakan hal ini agar insomnia tidak mengganggu kita lagi.

Leave a Reply

Close Menu