5 Aktivitas Produktif Orang Tua & Anak Selama Home Learning

5 Aktivitas Produktif Orang Tua & Anak Selama Home Learning

Home Learning merupakan solusi dalam sektor pendidikan dalam menghadapi wabah pandemic Covid-19, dimana seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah menggunakan sistem pembelajaran online. Pada pelaksanaan home learning ada kekurangan dan kelebihannya, namun daripada memikirkan kekurangannya alangkah baiknya kita fokus pada kelebihannya, sehingga semua yang terlibat dalam aktivitas home learning dapat menjalankannya dengan baik dan asyik.

Adapun salah satu kelebihan dari pelaksanaan home learning ialah, terjalinnya kedekatan orang tua dengan anak, sebab pada sebelumnya hampir tiap hari dari pagi sampai sore anak berada di sekolah. Ketika kedekatan dengan orang tua sudah terjalin, maka orang tua akan lebih memahami karakter serta cara anaknya belajar, tentunya bagi anak juga belajar bersama orang tua adalah salah satu hal yang menyenangkan.

Home learning mengharuskan orang tua dan anak berada dirumah, dalam hal ini untuk mengisi kebersamaan orang tua dan anak disamping menjalani proses home learning, ada beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama antara orang tua dan anak sebagai berikut.

Masak Bersama

Kegiatan Home Learning memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar mengeksplorasi apa saja yang bisa dilakukan di dapur. Dalam hal ini, orang tua bisa mengajak anak membuat kue, puding, nasi goreng atau masakan-masakan kesukaan si anak.

Tentunya hal ini akan membantu si anak untuk explore berbagai jenis makanan dan cita rasa, tentunya juga menambah skill dan kemampuan si anak dalam memasak. Selain itu, memasak juga dapat melatih tanggung jawab serta kemandirian si anak.

Berkreasi Bersama di Rumah

Selain masak bersama, orang tua juga dapat mengembangkan kreativitas anak secara motorik ketika di rumah. Dalam hal ini untuk meningkatkan kreativitas si anak orang tua dapat mengajarkan membuat kerajinan-kerajinan tangan sehingga anak tidak bosan di rumah.

Adapun  kerajinan yang bisa diajarkan ialah kerajinan tangan dari tangkai es krim, melipat origami, membuat lukisan, hiasan dinding, mewarnai kamar rumah, menyusun puzzle atau bisa juga mendekor kamar anak menjadi lebih unik dan nyaman.

Olahraga Bersama

Selain kemampuan intelektual yang harus dilatih dan dikembangkan, kegiatan fisik pun bisa ditingkatkan bersama orang tua di rumah dengan berolahrga. Disini orang tua dapat mengajak anaknya untuk melakukan olahraga atau latihan ringan dari mulai push up, sit up, back up ataupun lari bersama selama sepuluh menit.

Salah satu khasiat dari berolahraga adalah meningkatkan imunitas tubuh, dimana pada masa pandemic covid-19 ini, imunitas tubuh sangat penting untuk menjaga diri dari terpapar virus corona/covid-19.

Bercocok tanam adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak dirumah

Menonton TV Bersama

Menonton merupakan salah satu aktivitas yang sangat disukai oleh anak, selama anak di rumah orang tua bisa membersamainya untuk menonton, tentunya tontonan-tontonan yang bernilai positif dan mendukung tumbuh kembang si anak. Selain TV, orang tua juga bisa menonton di channel youtube, tentunya yang berisi konten-konten positif.

Bercocok Tanam Di Rumah

Bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan positif ketika anak diharuskan melangsungkan seluruh kegiatannya di rumah. Bercocok tanam juga bisa dilakukan agar anak tidak bosan harus didepan HP/Laptop terus selama di rumah, dalam hal ini orang tua dapat mengajak anak untuk menanam bunga agar halaman rumah menjadi indah atau menanam sayuran yang bisa dipanen dengan cepat seperti bayam, cabe, daun bawang dan lain sebagainya.

Nah, dengan lima aktivitas positif diatas, selain dapat membangun kedekatan orang tua dan anak selama di rumah diharapkan dapat membangun kreatifitas, kemandirian serta berdampak positif bagi tumbuh kembang anak di rumah. Yuk manfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply